Pengertian Perkembangan dan Pertumbuhan
Istilah perkembangan dan pertumbuhan sering digunakan orang secara “interchangeably”, artinya kedua istilah
itu dipakai secara silih berganti dengan maksud yang sama. Sebenarnya,
masing-masing istilah ini mempunyai pengertian yang berbeda, dan perbedaan ini
masih jarang diperhatikan orang, begitu pula oleh sebagian besar para ahli atau
penulis tentang psikologi pendidikan.
1.
Pengertian perkembangan
Istilah perkembangan (development)
dalam psikologi merupakan sebuah konsep yang cukup rumit dan kompleks.
Didalamnya terkandung banyak dimensi. Oleh karena itu, untuk dapat memahami
konsep perkembangan, perlu terlebih dahulu memahami beberapa konsep lain yang
terkandung didalamnya. Pengertian pekembangan menurut para ahli sebagai berikut.
a.
Van den Daele mendefinisikan perkembangan berarti
perubahan secara kualitatif. Ini berarti bahwa perkembangan bukan sekedar
penambah beberapa sentimeter pada tinggi badan seseorang tau peningkatan
seseorang, melainkan suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi
yang kompleks (Van den Daele 1976: 128).
b.
E. B. Hurlock:
perkembangan merupakan serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai
akibat dari proses kematangan dan
pengalaman, dan terdri atas serangkaian perubahan yang bersifat kualitatif dan
kuantitatif.
c.
Arifin:
perkembangan merupakan perubahan-perubahan dalam bentuk bagian tubuh dan
integrasi dan hanya dapat dilihat gejala-gejalanya.
d.
Gut Windarsih
dan Rohana Kusumawati: Perkembangan merupakan proses menuju keadaan yang lebih
dewasa bersifat kualitatif.
e.
F.J. Monks, dkk.
(2001): Perkembangan menunjuk pada suatu proses ke arah yang lebih sempurna dan
tidak begitu saja dapat diulang kembali. Perkembangan menunjukkan pada
perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat diputar kembali. Perkembangan
dapat juga diartikan sebagai proses yang kekal dan tetap yang menuju kearah
suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi, berdasarkan
pertumbuhan, pemasakan, dan belajar.
2.
Pengertian pertumbuhan
Secara sederhana, Seifert dan Hoffnung (1994) mendefinisikan pertumbuhan
sebagai “long-term changes in a person’s
growth, feelings, pattens, of thinking, sosial relationship, and motor skills”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar