Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SD Negeri Cibeber II
Materi : Sandi Pramuka –
Sandi Kotak 1 dan Sandi Kotak 2
Golongan : Siaga
Hari/Tanggal : Sabtu, 26 November 2016
Alokasi
Waktu : 1 Pertemuan (3x 35
Menit)
A.
Standar
Kompetensi
·
Memahami macam-macam Sandi
B.
Kompetensi
Dasar
·
Mengetahui
Sandi Kotak 1 dan Sandi Kotak 2
C.
Indikator
·
Mengungkapan
isi suatu Sandi Kotak 1 dan Sandi Kotak 2
·
Menyebutkan
fungsi Sandi Kotak 1 dan Sandi Kotak 2
D.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat mengungkapkan isi suatu
Sandi Kotak dan Sandi Kotak 2
·
Siswa dapat menyebutkan fungsi Sandi
Kotak 1 dan Sandi Kotak 2
E.
Materi
Pembelajaran
Sandi Pramuka
Sandi adalah
sebuah kata dalam bahasa sansekerta yang kira-kira artinya adalah
rahasia;menyembunyikan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia kata persandian yang
berasal dari kata dasar sandi adalah rahasia atau kode, definisi sinonimnya
dalam bahasa Inggris cryptography,
yang berarti pengetahuan, studi, atau seni tentang tulisan rahasia.
1.
Sandi Kotak 1
Sandi ini terdiri dari palang-palang/kotak
dan sudut-sudut dengan kunci. Untuk membedakan antara kedua huruf tiap kotak,
maka huruf kedua diberi tanda titik.
Sehingga dari "Kunci Sandi Kotak
I" di atas jika diuraikan satu persatu, masing-masing lambang dan hurufnya
adalah sebagai berikut :
Dari Kunci Sandi Kotak I itulah kita bisa langsung
memecahkan (membaca) soal sandi yang ada. Jika pun dalam soal tidak disertakan
gambar Kunci Sandi Kotak I, kita bisa membuat atau menggambar sendiri Kunci
Sandi Kotak I sebagai pedoman dalam membaca soal sandi.
Berikut contoh huruf-hurufnya:
2. Sandi Kotak 2
Sandi ini terdiri dari
kotak-kotak saja tanpa sudut-sudut dengan kunci sebagai berikut
:
Sama seperti sandi kotak
I, untuk membedakan ketiga huruf tiap kotak maka diberi titik. Berikut
contoh-contohnya:
3. Fungsi Sandi Kotak
a. Sebagai
kode atau tanda
b. Sebagai
pengantar bahasa bagi orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus,sehingga
mereka dapat menyampaikan apa yang menjadi pemikirannya,dan informasipun dapat
tersampaikan kepada orang yang di ajak berkomunikasi.
Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Upacara
Pembuka, mengecek kehadiran, sertakesiapan peserta didik untuk mengikuti
latihan.
2. Menyampaikan
tujuan kegiatan latihan.
|
20 Menit
|
Inti
|
1.
Pembina
mengajak anak didik untuk bernyanyi untukmencairkan suasana latihan yang
menarik danmenyenangkan.
2.
Pembina mebentuk
peserta didik menjadi beberapa regu.
3.
Pembina
memberikan catatan materi.
4.
Masing-masing
regu mencatat materi yang diberikan pembina.
5.
Dengan tanya
jawab Pembina menjelaskan pengertian,maksud dan tujuan Sandi Kotak 1 dan
Sandi Kotak 2.
6.
Pembina memberikan
lembar kerja untuk menilai tingkah pemahaman peserta didik bentukperlombaan.
7.
Pembina
memberikan penghargaan atas kegiatankerja regu
8.
Pembina mengajak
bernyanyi dan melakukan Permainan
|
70 Menit
|
Penutup
|
1. Pembina
dan peserta didik menyimpulkan materilatihan hari itu.
2. Pembina
meminta pendapat beberapa peserta didiktentang renungan/refleksi manfaat yang
telahdiperoleh pada kegiatan latihan.
3. Pembina
melakukan stressing agar peserta didik untukselalu mempelajari dan mengingat
Sandi Kotak 1 dan Sandi Kotak 2.
4. Upacara
Penutup
|
15 Menit
|
F.
Metode, Media dan Model Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Penugasan
·
Permainan
2. Media Pembelajaran
·
Lembar Kegiatan
Siswa
3. Model Pembelajaran
·
Kooperatif
G.
Sumber Pembelajaran
·
Internet
·
Buku Boyman – Ragam Latih
Pramuka
H.
Evaluasi
a.
Jenis Evaluasi : Tes dan Non Tes
b.
Bentuk Evaluasi : Uraian,
Penilaian kinerja (kelompok) dan Sikap
·
Penilaian sikap selama
proses latihan dan perubahan perilaku etika sesuai Tri Satya dan Dasa Dharma
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Lembar Kerja
Soal
:
1.
Buatlah bentuk
sandi kotak 1 dari kata “PRAMUKA” !
makasih kaka... atas contoh dan lain lainnya
BalasHapus