Menurut
Djahiri (1995 :19), pendekatan adalah cara pandang seseorang terhadap sesuatu
yang menjadi landasan untuk tindakan selanjutnya. Diantara
pendekatan-pendekatan pembelajaran yang banyak digunakan dalam pembelajaran IPS
antara lain :
a. Pendekatan terpisah
Dengan pendekatan terpisah bahan pelajaran diorganisir murni berdasarkan ilmu yang bersangkutan tanpa mempertautkan atau memfokuskan dengan cabang ilmu lainnya. Semua masalah atau topik hanya disoroti dan diisi menurut yang ada dalam cabang ilmu tertentu saja. Pendekatan pembelajaran yang demikian kurang cocok dengan sifat karakteristik dan misi IPS yang antara lain sebagai ilmu yang akan mengantarkan siswa kearah maupun melakukan interaksi sosial.
b. Pendekatan terpadu (integratif)
Dengan pendekatan terpadu suatu konsep dari suatu cabang ilmu atau suatu topik diorganisir vbahannya dari berbagai cabang ilmu sosial secara terpadu. Dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk mengaitkan suatu pokok bahasan lain dalam bidang studi itu. Dengan demikian siswa akan mendapat gambaran keterpaduan dalam memproses perolehan hasil belajar. Sekarang ini, para ahli Ilmu Pengetahuan Sosial dan penentu kebijakan pendidikan, umumnya sependapat bahwa pembelajaran IPS sebaiknya dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan terpadu, dengan beberapa pertimbangan yang dijadikan dasar seperti yang dikemukakan oleh Hamalik, (1992: 14) yaitu :
- Manusia tidak pernah dan tidak bisa melepaskan diri dari masalah-masalah sosial. Setiap masyarakat perlu memiliki kemampuan terpadu tentang cara memecahkannya. Untuk itu pendekatan terpadu merupakan cara yang cocok untuk mengatasinya.
- Pendekatan terpadu lebih menekankan keterlibatan siswa dalam belajar, membuat siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan pembuatan keputusan.
- Sekolah dan masyarakat adalah dua institusi yang sangat berdekatan, bahkan terintegrasi satu sama lainnya. Karena institusi ini tidak dapat melepaskan diri secara tegas, karena itu masalah-masalah sosial dalam masyarakat sudah tentu harus mendapat perhatian sepantasnya dari sekolah, dan demikian sebaliknya. Ini berarti peserta didik tidak mungkin pula dipisahkan dari berbagai aspek kehidupan masyarakat dan berbagai masalah yang dihadapi. Karena itu sejak dari awal mereka sudah harus didik dan dilatih tentang bagaimana cara berhadapan dan menyesuaikan diri dengan kehidupan sosial.
- Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, penciptaan kondisi belajar yang sesuai dengan sipat-sipat kemanusiaan dan ligkungan sisoal sekolah dan pemikiran-pemikiran inovatif lainnya, mendorong para ahli IPS lebih berkenaan dengan pendekartan terpadu.
Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran IPS akan berjalan secara efektif apabila digunakan pendekatan terpadu, karena dengan pembelajaran terpadu akan menumbuh kembangkan keterampilan berpikir anak, membuat anak aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan pembuat keputusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar