Jumat, 30 Desember 2016

Pembelajaran Langsung dan Tidak langsung

Kurikulum 2013 mengembangkan dua modus proses pembelajaran,  yaitu proses pembelajaran langsung dan tidak langsung.

  • Proses pembelajaran langsung adalah proses pendidikan dimana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran. 
  • Pembelajaran tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung, tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus.
  • Baik pembelajaran langsung maupun pembelajaran tidak langsung terjadi secara terintegrasi dan terpisah. Pembelajaran langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-3 dan KI-4. Keduanya dikembangkan secara bersamaan dalam suatu proses pembelajaran dan menjadi wahana untuk mengembangkan KD pada KI-1 dan KI-2. Pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pembelajaran yang menyangkut KD yang dikembangkan dari KI-1 dan KI-2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar