RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SDN Cibeber 2
Materi : Tali Temali
Golongan :
Siaga
Hari/Tanggal :
Sabtu/ 17 Desember 2016
Alokasi Waktu :
1 Pertemuan (3 X 35 Menit)
I.
Standar kompetensi
Memahami penggunaan
tali temali
II.
Kompetensi dasar
1. Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
2.
Meemahami pembuatan kaki tiga
III.
Indikator
1.
Mengetahui macam-macam simpul tali dan
menyambung tongkat
2.
Mengetahui cara membuat kaki tiga
IV.
Materi
Pengertian
Pionering (Pioneering dalam bahasa Inggris) adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek.
Tujuan
Pionering (Pioneering dalam bahasa Inggris) adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek.
Tujuan
Memberi informasi, ilmu baru, dan mengasah
keterampilan peserta dalam membuat sebuah model suatu objek sederhana yang
nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan pada saat dan sesudah kegiatan
kepramukaan.
Manfaat
Manfaat
·
Memupuk rasa
kebersamaan, kekompakan, dan kerjasama yang baik antar peserta.
·
Dapat diterapkan
pada saat situasi genting maupun P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).
·
Memproyeksi
pemikiran peserta dalam merancang suatu objek sebenarnya (bukan model)
Contoh
model pionering




V.
Langkah Kegiatan pembelajaran
Kegiatan Peserta
Didik
|
Kegiatan Pembina
|
Alokasi waktu
|
A. Pembukaan
1. Peserta didik
mengikuti upacara pembukaan latihan
|
1.
Pembina membuka
upacara pembukaan latihan
|
|
B.
Kegiatan inti latihan
1.
Peserta didik mendengarkan instruksi dan materi dari
pembina
2.
Peserta didik melakukan latihan tali menali sesuai
dengan instruksi pda materi yang diberikan.
3.
Peserta didik membuat tandu dan tiang bendera dengan
menggunkan simpul dan ikatan.
C. Penutupan
1. Peserta didik
mengikuti upacara penutupan latihan
2. Peserta didik
mendengarkan informasi dan amanat dari pembina
3. Peserta didik
menutup latihan dengan berdo’a
|
1. Pembina
menyampaikan materi kepada peserta didik mengenai tali-menali
2. Pembina
membimbing peserta didik untuk melakukan latiha tali menali.
3. Pembina
melakukan pemeriksaan hasil kerja pserta didik sesuai dengan penilaian
psikomotor yang ada.
1. Pembina
mengikuti upacara penutupan latihan
2. Pembina
memberikan amanat kepada peserta didik
3. Pembina
menutup latihan dengan memimpin do’a
|
|
VI.
Metode, Media dan Model Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Penugasan
·
Permainan
2. Media Pembelajaran
·
Lembar Kegiatan
Siswa
3. Model Pembelajaran
·
Kooperatif
VII.
Sumber Pembelajaran
·
Internet
·
Buku Boyman – Ragam Latih
Pramuka
VIII.
Evaluasi
a.
Jenis Evaluasi : Tes dan Non Tes
b.
Bentuk Evaluasi : Uraian,
Penilaian kinerja (kelompok) dan Sikap
·
Penilaian sikap
selama proses latihan dan perubahan perilaku etika sesuai Tri Satya dan Dasa Dharma
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Lembar Kerja
Soal :
1.
Apa Itu
Pionering?
2.
Sebutkan Manfaat
Pionering?
3.
Sebutkan Contoh
Model Pionering?
4.
Sebutkan Manfaat
Pionering?
5.
Sebutkan Contoh
Model Pionering Yang Biasa Digunakan Dirumah?
Jawaban :
1.
Pionering (Pioneering
dalam bahasa Inggris) adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan
peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek.
2.
Memberi
informasi, ilmu baru, dan mengasah keterampilan peserta dalam membuat sebuah
model suatu objek sederhana yang nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan pada saat
dan sesudah kegiatan kepramukaan.
3.
Contoh model pionering
·
Jemuran
·
Tandu
·
Tempat perkakas
4. Manfaat pionering:
·
Memupuk rasa
kebersamaan, kekompakan, dan kerjasama yang baik antar peserta.
·
Dapat diterapkan
pada saat situasi genting maupun P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).
·
Memproyeksi
pemikiran peserta dalam merancang suatu objek sebenarnya (bukan model)
5. Model pionering dirumah:
·
Jemuran
·
Tandu darurat
Keterangan
:
Nilai
1 soal x 20
Tidak ada komentar:
Posting Komentar