Sabtu, 31 Desember 2016

Motivasi Belajar Siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar

    Guru memiliki kedudukan yang strategis dalam pencapaian mutu pendidikan. Peranan guru sebagai pengelola proses pembelajaran sangat menentukan kualitas proses belajar, yang pada akhirnya akan bermuara pada kualitas hasil belajar (Soedijarto, 1993). 
      Gagasan, ide,  dan perilaku pembelajaran guru yang kreatif tentu sangat dibutuhkan dalam menimbulkan perhatiandan motivasi belajar siswa tersebut.  Kreativitas itu bukan hanya mengacu pada hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran semata, seperti pemberian materi pelajaran, penggunaan metode atau lainnya, tetapi juga perwujudan perilaku guru sendiri yang luwes, komunikatif, menyenangkan, membimbing, kesejajaran, dan lain-lainnya. 
       Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui berbagai kegiatan inovasi pembelajaran, antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Membuat alat peraga sendiri yang bahannya mengambil dari lingkungan sekitar. 
  2. Membuat rangkuman materi dan soal serta media pengajaran. 
  3. Membuat model kelas yang lebih familier dari modelkelas konvensional. 
  4. Penyajian materi ditunjang media video dan audio yang memadai. 
  5. Program pengayaan atau les. 
  6. Penggunaan alat peraga elektronika.
Sumber: (Hosnan, M.2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21.Bogor.Ghalia Indonesia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar