Pengertian Hasil Pembelajaran
Pengertian hasil pembelajaran menurut Degeng (1989) adalah semua efek yang dapat dijadikan sebagai indikator tentang nilai dari penggunaan strategi pembelajaran di bawah kondisi yang berbeda. Terdapat tiga variabel hasil pembelajaran yaitu:
a. Keefektifan (Effectiveness) Pembelajaran
Keefekifan pembelajaran dapat diukur berdasarkan tingkat pencapaian siswa dan ada 4 indikator untuk mempreskripsikan keefektifan pembelajaran yaitu (1) Kecermatan penguasaan perilaku yang dipelajari (Accuracy mastery of learned behaviors), (2) Kecepatan unjuk kerja, (3) Tingkat alih belajar (Control level of learning), (4) Tingkat Retensi atau kemampuan untuk menyimpan hasil pembelajaran.
b. Efisiensi (Efficiency) Pembelajaran
Efisiensi pembelajaran dapat diukur dengan membandingkan antara keefektifan pembelajaran dan jumlah waktu yang dipakai siswa dan atau jumlah biaya yang digunakan dalam pembelajaran.
c. Daya Tarik (Appeal) Pembelajaran
Daya tarik pembelajaran dapat diukur dengan melakukan pengamatan terhadap kecenderungan siswa untuk tetap atau terus belajar.
Sumber Artikel Pengertian Strategi Pembelajaran dan Hasil Pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar