Sabtu, 31 Desember 2016

Contoh RPP Semaphore



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah             : SD Negeri Cibeber II
Materi                          : Sandi Pramuka – Semaphore
Golongan                    : Siaga
Hari/Tanggal               : Sabtu, 3 Desember 2016
Alokasi Waktu            : 1 Pertemuan (3x 35 Menit)

A.    Standar Kompetensi
·         Memahami macam-macam Sandi
B.     Kompetensi Dasar
·         Mengetahui fungsi bendera Semaphore
·         Memperagakan bendera Semaphore dengan benar
C.    Indikator
·         Menyebutkan fungsi Semaphore
·         Memperagakan bendera Semaphore
D.    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat Menyebutkan fungsi Semaphore
·         Siswa dapat memperagakan bendera Semaphore
E.     Materi Pembelajaran
Semaphore
1.      Definisi Semaphore
Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semaphore. . Semaphore biasa diterapkan sebagai salah satu keahlian yang harus dimiliki dalam kegiatan pramuka.
2.      Peralatan Semaphore
Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, pemilihan warna ini disengaja karena warna ini terlihat mencolok walaupun terlihat dari jarak yang sangat jauh. Letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera
3.      Fungsi Semaphore
a.       suatu cara untuk mengirim dan menerima berita. Seperti digunakan ketika perang sipil di Amerika Serikat untuk melakukan melakukan isyarat bendera ini biasanya berdiri di sebuah tempat yang tinggi atau di lantai yang tingginya sekitar 2-3 meter dari permukaan tanah. 
b.      Pada awal abad ke 19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan.
4.      Gerakan Semaphore

Langkah Kagiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pembukaan
1.      Upacara Pembuka, mengecek kehadiran, sertakesiapan peserta didik untuk mengikuti latihan.
2.      Menyampaikan tujuan kegiatan latihan.
20 Menit
Inti
1.      Pembina mengajak anak didik untuk bernyanyi untuk mencairkan suasana latihan yang menarik dan menyenangkan.
2.      Pembina mebentuk peserta didik menjadi beberapa regu.
3.      Pembina memberikan catatan materi.
4.      Masing-masing regu mencatat materi yang diberikan pembina.
5.      Dengan tanya jawab Pembina menjelaskan pengertian, maksud dan tujuan Semaphore.
6.      Pembina mempraktikkan penggunaan Semaphore.
7.      Pembina memberikan contoh-contoh gerakan untuk ditebak oleh masing-masing regu secara rebutan
8.      Pembina memberikan penghargaan atas kegiatan kerja regu.
9.      Pembina mengajak bernyanyi dan permainan
70 Menit
Penutup
1.      Pembina dan peserta didik menyimpulkan materilatihan hari itu.
2.      Pembina meminta pendapat beberapa peserta didik tentang renungan/refleksi manfaat yang telah diperoleh pada kegiatan latihan.
3.      Pembina melakukan stressing agar peserta didik untuk selalu mempelajari dan mengingat Semaphore.
4.      Upacara Penutup.
15 Menit

F.     Metode, Media dan Model Pembelajaran
1.      Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Permainan
2.      Media dan Model Pembelajaran
·         Bendera Semaphore
G.    Sumber Pembelajaran
·         Internet
H.    Evaluasi
a.       Jenis Evaluasi              : Non Tes
b.      Bentuk Evaluasi         :  Penilaian kinerja (kelompok) dan Sikap
·         Penilaian sikap selama proses latihan dan perubahan perilaku etika sesuai Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari.
·         Penilaian Kinerja Kelompok dinilai dari banyaknya jawaban benar ketika diberikan gerakan semaphore oleh pembina.

1 komentar: