Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SD Negeri Cibeber II
Materi : Sandi Pramuka –
Semaphore
Golongan : Siaga
Hari/Tanggal : Sabtu, 3 Desember 2016
Alokasi
Waktu : 1 Pertemuan (3x 35
Menit)
A.
Standar
Kompetensi
·
Memahami macam-macam Sandi
B.
Kompetensi
Dasar
·
Mengetahui fungsi bendera Semaphore
·
Memperagakan bendera Semaphore dengan benar
C.
Indikator
·
Menyebutkan fungsi Semaphore
·
Memperagakan bendera Semaphore
D.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat Menyebutkan fungsi Semaphore
·
Siswa dapat memperagakan bendera Semaphore
E.
Materi
Pembelajaran
Semaphore
1.
Definisi Semaphore
Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan
menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau
dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau
tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan
bendera semaphore. . Semaphore biasa diterapkan sebagai salah satu keahlian
yang harus dimiliki dalam kegiatan pramuka.
2.
Peralatan Semaphore
Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini
menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x
45 cm. Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga
sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa
bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, pemilihan warna ini disengaja karena warna ini
terlihat mencolok walaupun terlihat dari jarak yang sangat jauh. Letak warna merah selalu berada dekat tangkai
bendera
3.
Fungsi Semaphore
a.
suatu cara untuk
mengirim dan menerima berita. Seperti digunakan ketika perang sipil di Amerika
Serikat untuk melakukan melakukan isyarat bendera ini biasanya berdiri di
sebuah tempat yang tinggi atau di lantai yang tingginya sekitar 2-3 meter dari
permukaan tanah.
b.
Pada awal abad
ke 19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan.
4.
Gerakan Semaphore
Langkah Kagiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Upacara
Pembuka, mengecek kehadiran, sertakesiapan peserta didik untuk mengikuti
latihan.
2. Menyampaikan
tujuan kegiatan latihan.
|
20 Menit
|
Inti
|
1.
Pembina
mengajak anak didik untuk bernyanyi untuk mencairkan suasana latihan yang
menarik dan menyenangkan.
2.
Pembina
mebentuk peserta didik menjadi beberapa regu.
3.
Pembina
memberikan catatan materi.
4.
Masing-masing
regu mencatat materi yang diberikan pembina.
5.
Dengan tanya
jawab Pembina menjelaskan pengertian, maksud dan tujuan Semaphore.
6.
Pembina mempraktikkan
penggunaan Semaphore.
7.
Pembina
memberikan contoh-contoh gerakan untuk ditebak oleh masing-masing regu secara
rebutan
8.
Pembina
memberikan penghargaan atas kegiatan kerja regu.
9.
Pembina
mengajak bernyanyi dan permainan
|
70 Menit
|
Penutup
|
1. Pembina
dan peserta didik menyimpulkan materilatihan hari itu.
2. Pembina
meminta pendapat beberapa peserta didik tentang renungan/refleksi manfaat
yang telah diperoleh pada kegiatan latihan.
3. Pembina
melakukan stressing agar peserta didik untuk selalu mempelajari dan mengingat
Semaphore.
4. Upacara
Penutup.
|
15 Menit
|
F.
Metode, Media dan Model Pembelajaran
1.
Metode
Pembelajaran
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Permainan
2.
Media dan Model Pembelajaran
·
Bendera
Semaphore
G.
Sumber Pembelajaran
·
Internet
H.
Evaluasi
a.
Jenis Evaluasi : Non Tes
b.
Bentuk Evaluasi :
Penilaian kinerja (kelompok) dan Sikap
·
Penilaian sikap
selama proses latihan dan perubahan perilaku etika sesuai Tri Satya dan Dasa Dharma
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Penilaian
Kinerja Kelompok dinilai dari banyaknya jawaban benar ketika diberikan gerakan
semaphore oleh pembina.
terimaksih. sangat membantu dalam KMD
BalasHapus